Berita Dan
Acara Terkini

Ragam Kurma di Indonesia di Bulan Puasa

Variety of Dates in Indonesia in the Fasting Month

Saat kita memasuki bulan Ramadhan, ada satu buah yang sangat dikaitkan dengan bulan tersebut. Apa kalian bisa menebaknya? Betul, buah itu adalah kurma. Baik untuk sahur ataupun saat sedang berbuka, kurma menjadi salah satu santapan utama untuk umat Islam. Tradisi ini merupakan hasil dari mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, karena kurma merupakan salah satu kudapan favorit Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa.

Namun selain itu, kurma juga memiliki banyak manfaat, di mana kandungan gizi yang ada di dalamnya menjadikan buah itu cocok dimakan ketika perut sedang kosong. Kurma juga memiliki manfaat yang lain, seperti meningkatkan kesehatan otak, merupakan sumber energi yang baik, mencegah penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.

Kurma sendiri memiliki banyak macam jenis dan varietasnya, yang biasa dibedakan dari rasa serta teksturnya. Indonesia bukan merupakan negara penghasil kurma, karena merupakan daerah yang beriklim tropis, membuatnya memiliki curah hujan yang tinggi dan lembab. Nah di bawah ini ada beberapa jenis kurma dari berbagai negara yang biasanya banyak beredar di Indonesia:

  1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan salah satu kurma premium yang datang dari Madinah, Arab Saudi. Berbentuk bulat dan tekstur yang halus mengerut serta berwarna hitam, harga kurma ini biasa cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Kurma ajwa juga memiliki rasa manis yang mendekati kismis.

  1. Kurma Medjool

Kurma Medjool memiliki tekstur daging yang terhitung lembek dan manis serta ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Walaupun kurma ini terkenal sebagai produk asal Israel, buah ini juga biasa diproduksi di Maroko dan juga Palestina.

  1. Kurma Sukari

Kurma sukari biasa ditemukan di daerah Arab Saudi, berwarna kuning kecokelatan, memiliki daging yang lembut dan rasanya yang cenderung manis. Kurma ini biasa disebut sebagai kurma raja, karena konon merupakan favorit para raja di Arab.

  1. Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor memiliki rasa yang tidak terlalu manis serta warna cokelat yang lebih cerah apabila dibandingkan dengan jenis lainnya. Kurma ini biasa ditanam di wilayah Afrika Utara dan Amerika Serikat.

  1. Kurma Muda

Berbeda dari yang sudah disebutkan, warna kurma ini biasa adalah kuning. Kurma ini juga memiliki manfaat yang berbeda dari jenis lainnnya, dimana kurma ini dapat membantu kesuburan bagi wanita.

Ada banyak cara dalam mengonsumsi kurma. Kurma bisa dapat dimakan secara langsung, atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis hidangan, seperti contohnya es kurma cincau, wedang kurma, susu kurma, dan ada juga teh kurma, yang bisa anda buat menggunakan krimer non-dairy. Jika anda membutuhkan krimer berkualitas, anda dapat menggunakan krimer dari SPK, yang tersedia di toko resmi kami di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Artikel Lainnya

Resep Terbaru