Berita Dan
Acara Terkini

Coklat Valentine

Mungkin kita sudah tidak asing dengan hari valentine. Hari yang kita kenal dengan nama Hari Kasih Sayang ini jatuh pada tanggal 14 Februari. Pertama kali diperkenalkan di Inggris, perayaan hari Valentine kemudian menyebar dan banyak dirayakan di berbagai belahan dunia.

Dalam merayakan hari Valentine, umumnya melibatkan pemberian hadiah dari kekasih kepada pasangannya. Pemberian tersebut dapat berupa apa saja, tapi benda yang umum dijadikan hadiah adalah bunga dan cokelat. Jika bunga sudah umum dijadikan lambang cinta sejak dahulu kala, bagaimana dengan cokelat? Bagaimana olahan buah tropis dari Amerika Selatan ini dapat menjadi simbol pernyataan kasih sayang?

Sejarah Cokelat Sebagai Konsumsi

Kita akan bergerak mundur ke belakang terlebih dahulu kurang lebih 25 abad. Suku Maya di Meksiko mulai meminum coklat yang terbuat dari gerusan biji kakao yang dicampur dengan air, jagung, dan cabai pada 500 SM. Campuran minuman tadi dituangkan bolak balik dari cangkir ke ceret sampai busa tebal terbentuk. Minuman tersebut kemudian dinikmati dalam keadaan dingin.

Pada tahun 1529, Hernando Cortez, seorang penjelajah dari Spanyol, Kembali ke negerinya dengan membawa biji kakao dan peralatan untuk membuat minuman cokelat. Minuman dingin dan pahit tersebut kemudian menjadi populer di kalangan raja dan bangsawan Spanyol. Di negeri ini, minuman cokelat kemudian mulai disajikan hangat dan diberi pemanis. Spanyol sangat protektif terhadap minuman baru ini sehingga minuman cokelat baru mulai menyebar ke benua Eropa beberapa ratus tahun kemudian.

Cokelat kemudian hadir di London, Inggris, pada tahun 1700-an. Cokelat juga menjadi tren dan populer di London hingga banyak muncul chocolate house (sejenis coffee shop tapi untuk cokelat) walaupun harga cokelat sendiri sangat mahal. Di akhir tahun 1700-an, orang Inggris mulai menambahkan susu ke dalam cokelat karena rasanya lebih nikmat.

Dari minuman, cokelat kemudian berevolusi ke dalam bentuk lain. Di pertengahan abad 18, Belanda yang menguasai perdagangan kokoa menemukan cara untuk mengubah cokelat ke dalam bentuk bubuk. Bubuk cokelat mudah bercampur dengan air atau susu yang menjadi jalan terbentuknya kreasi yang lain seperti permen cokelat.

Cokelat Valentine

Coklat Valentine

Pada tahun 1840-an, Hari Valentine sebagai hari kasih sayang sudah umum dirayakan di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris. Masyarakat Inggris di era Victoria yang menjunjung etiket mengekspresikan romantisme mereka terhadap pasangan masing-masing (yang belum menikah) dengan memberikan kartu ucapan dan hadiah-hadiah.

Di era yang sama, Richard Cadbury, pemilik perusahaan cokelat terkemuka di Inggris, menyempurnakan cara untuk membuat minuman cokelat. Proses pembuatan minuman cokelat tersebut menyisakan banyak sisa mentega cokelat. Mentega cokelat ini kemudian diolah kembali menjadi varian yang pada saat itu disebut ‘memakan cokelat’. Menyadari potensi pemasaran cokelat baru tersebut, Cadbury kemudian mulai menjual cokelat baru itu dalam kotak yang didekorasi oleh dirinya sendiri. Pada tahun 1861, Cadbury mulai menjual cokelat dalam kotak berbentuk hati yang didekorasi dengan bunga dan cupid pada hari Valentine.

Saat ini, hadiah berupa cokelat menjadi hal yang umum saat perayaan hari Valentine. Di Amerika Serikat sendiri, lebih dari 26 juta kg cokelat diperjualbelikan untuk merayakan hari tersebut. Pada perayaan Valentine di Jepang, wanita biasanya memberikan cokelat kepada pria yang disukainya. Mereka juga merayakan White Day yang berlangsung pada tanggal 14 Maret, yaitu hari di mana laki-laki akan memberikan cokelat putih (atau hadiah lain berwarna putih) kepada wanita yang telah memberikan cokelat pada mereka di hari Valentine.

Cokelat tidak hanya lezat ketika dikonsumsi, tetapi juga memiliki beberapa manfaat. Cokelat dapat meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan sistem imun kita, membantu mengatasi diabetes, dan meningkatkan fungsi otak. Perlu dicatat bahwa manfat tersebut terdapat pada coklat yang memiliki kandungan gula sedikit seperti pada dark chocolate. Untuk menikmati rasa coklat yang premium, Anda juga dapat mendapatkannya dalam Elite Crème rasa cokelat. Seduh Elite Crème cokelat pada air panas dan Anda langsung dapat menikmati kelezatannya. Dapatkan Elite Crème di toko online resmi Santos Premium Krimer.
https://www.tokopedia.com/santospremiumkrimer

Referensi:

Artikel Lainnya

Resep Terbaru